Belajar Struktur Bahasa Inggris
mas template
Home » » Apa sih Perbedaannya TOEFL dan IELTS?

Apa sih Perbedaannya TOEFL dan IELTS?

Perbedaannya TOEFL dan IELTS

Perbedaan TOEFL dan IELTS merupakan hal yang harus kalian perhatikan ketika akan memilih tes. Terutama, ketika kalian memutuskan untuk menggunakannya sebagai syarat kuliah di luar neger, atau untuk bekerja. Biasanya, TOEFL lebih banyak digunakan untuk persyaratan pekerjaan. Berikut ini akan dijelaskan perbedaan TOEFL dan IELTS :

TOEFL
TOEFL merupakan tes bahasa Inggris dengan logat Amerika. Biasanya TOEFL diminta oleh universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

TOEFL sendiri memiliki 2 tipe yaitu TOEFL ITP (Institutional Testing Program) dan TOEFL iBT (Internet Based Test). TOEFL ITP umumnya digunakan di wilayah Asia. Skornya pun hanya digunakan untuk institusi dan beberapa wilayah lokal tertentu saja, tidak berlaku untuk seluruh negara. TOEFL iBT merekam semua jawaban yang kalian berikan di komputer yang terhubung ke internet. Jawaban yang telah direkam tersebut kemudian akan dikirimkan ke ETS (Educational Testing Service).

TOEFL ITP memiliki 3 sesi ujian yaitu Listening, Structure and Written Expression & Reading Comprehension. Nilai total maksimal yang bisa kalian peroleh sebesar 600. TOEFL iBT memiliki 3 sesi ujian juga yaitu Reading, Listening, Speaking dan Writing. Nilai total maksimal yang bisa kalian peroleh yaitu sebesar 120. TOEFL sendiri tesnya berlangsung selama kurang lebih 4 jam.
  • Reading section. Biasanya kalian akan mendapatkan 3-5 teks bacaan yang memiliki pertanyaan yang bersifat pilihan ganda.
  • speaking section. Kalian akan memberikan jawaban atas 6 pertanyaan yang diberikan. Dan jawaban kalian akan direkam.
  • Writing section. Kalian akan dituntut untuk menulis 300-350 kata dengan topik yang sudah ditentukan. Pada esai kedua, kemampuan mendengar dan menulis kalian akan digabungkan.
  • Listening section. Kalian akan diperdengarkan pada pembicaraan & pengajaran selama 40 hingga 60 menit. Kalian dituntut untuk mencatat informasi yang penting. Informasi tersebut untuk membantu kalian menjawab pertanyaan di akhir tes.

IELTS
IELTS merupakan tes kemampuan bahasa Inggris yang penyelenggaraannya dilakukan bersama oleh Bristish Council, Universitas Cambridge dan IDP Educational Australia. IELTS biasanya diterima di negara Australia, Selandia Baru dan Inggris. Pada IELTS, bahasa Inggris Britania atau British lah yang digunakan.

Kalian yang mengikuti tes IELTS diperbolehkan memilih Modul Akademik (jika ingin mendaftar di pendidikan tinggi)  atau Modul Pelatihan Umum (jika ingin mengikuti pelatihan non akademik, pengalaman kerja atau untuk urusan keimigrasian). Skor IELTS berkisar antara angka 0 hingga 9. Durasi tes selama 2 jam 45 menit.

Pada tes IELTS, semua jawaban ditulis tangan. IELTS sendiri memiliki 4 sesi yaitu Speaking, Writing, Listening dan Reading.
  • Speaking section. Pada bagian ini kalian akan berbicara dengan penilai dengan durasi 12 hingga 14 menit. Pertanyaan yang diajukan seputar diri kalian dan topik yang sudah ditentukan.
  • Writing section. Pada bagian ini kalian akan diberikan esai pertama dengan jumlah kata yang harus dibuat sebesar 200-250 kata. Selanjutnya, kalian akan dituntut untuk menyimpulkan pendapat kalian dari informasi grafik.
  • Listening section. Pada bagian ini kalian akan didengarkan beberapa cuplikan audio pendek. Lalu kalian akan menjawab pertanyaan saat kalian mendengarkan audio tersebut.
  • Reading section. Kalian akan diberikan 3 teks bacaan dan pertanyaan campuran 

Yang terpenting, ketahui dulu tes manakah yang sesuai dengan tujuan penggunaannya. Itulah penjelasan mengenai perbedaan TOEFL dan IELTS.

0 comments:

Post a Comment