Belajar Struktur Bahasa Inggris
mas template
Home » » Tips Cara Belajar TOEFL Listening Dengan Mudah Secara Otodidak

Tips Cara Belajar TOEFL Listening Dengan Mudah Secara Otodidak


Tips Cara Belajar TOEFL Listening adalah satu cara untuk meningkatkan kemampuan listening anda, dan akan berguna untuk mendapat skor TOEFL yang tinggi khususnya pada sesi listening. TOEFL (Test of English as Foreign Languange) adalah bentuk standar dalam mengukur kemampuan bahasa inggris yang sudah di akui oleh hampir semua negara. Saat ini nilai TOEFL digunakan dibanyak bidang khususnya bidang pendidikan atau pekerjaan profesional. Bagi anda yang biasa mencari beasiswa perguruan tinggi baik dalam dan luar negeri tentu sangat mengenal  TOEFL (Test of English as Foreign Languange). Sekarang ini TOEFL menjadi syarat wajib untuk mendapatkan beasiswa. 


Tes TOEFL tergolong gampang-gampang susah untuk anda jalani. Namun bagi yang mau berusaha sebenarnya ada Tips Cara Belajar TOEFL Listening yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah ujian seperti ini. Pada saat mengikuti ujian ini, listening biasanya di kategorikan bagian yang cukup berat. Pasalnya berbeda dengan ujian pada section lain seperti structure ataupun reading, untuk tes yang satu ini agak sedikit sulit karena kita harus jeli dan pintar dalam ‘mendengarkan’.

Tips Cara Belajar TOEFL Listening dengan Muda Untuk Mencapai Score Terbaik


Sebelum mulai mempelajari Tips Cara Belajar TOEFL Listening ada baiknya anda mengetahui dan memahami penggunaan skor yang didapat saat mengikuti tes TOEFL, untuk setiap perguruan tinggi berbeda-beda. Di beberapa perguruantinggi menetapkan standarnya, perguruan tinggi negeri umumnya menggunakan score 500 (minimal), 580-600 biasanya di tetapkan untuk persyaratan untuk mengikuti program tertentu misalnya saja untuk  MBA (Magister Administrasi Bisnis) dsb

Langkah Awal Tips Cara Belajar TOEFL Listening Secara Otodidak


Langkah awal hal tips tes toefl ini yang utama dilakukan adalah persiapan. Hanya dengan persiapanlah skor yang diharapkan bisa tercapai, dan persiapan harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum tes diadakan. Persiapan yang perlu dilakukan adalah latihan membiasakan diri mendengar berbagai bentuk percakapan dalam bahasa inggris. 

Untuk latihan ada berbagai materi listening yang bisa dengan mudah anda dapatkan melaui fasilitas internet, anda bisa download pada berbagai tutorial di media online, seperti mengunduh lagu mp3, film, serta kuliah yang sering di sampaikan oleh native speaker atau bisa juga dengan mengunduh TOEFL Listening Practice Audiobook Audio Cd yang sudah banyak disediakan.  Cara yang paling sering digunakan adalah pembiasaan, entah mendengar music, pecakapan dialog sehari-hari yang ada dalam film, dan perhatikan kosakata, tips TOEFL, dan English moderennya

Tips Cara Belajar TOEFL Listening yang juga akan membantu bahwa anda harus tahu jika pola belajar menguasai listening tidak lari dari beberapa topik bahasan seperti reading, speaking, writing. Maka dari itu mencoba untuk membaca sesuatu, misalnya lirik lagu dalam bahasa Inggris, membaca lalu memahami makna dari teksnya. Lakukan juga hal yang sama dengan cerita berbahasa inggris berbentuk paragraf. Perhatikan dan pahami gagasan yang disampaikan sambil ikut melatih speaking dan listening anda. Tips Cara Belajar TOEFL Otodidak dengan pola membiasakan membaca dan mendengarkan cerita dalam bentuk narasi berbahasa inggris akan memudahkan anda untuk mengikuti tes TOEFL ini. 

Tips Cara Belajar TOEFL Listening dengan memahami Trik dan Jebakan

Tips Cara Belajar TOEFL Listening ini sebenarnya memiliki trik tersendiri. Perlu anda ketahui bahwa dalam Tes TOEFL banyak terdapat trik jebakan yang ada di setiap sectionnya. Ini akan menglabui anda bila tidak hati-hati mengerjakan soal, bisa saja anda sudah merasa jawabannya benar namun sebenarnya buka itu ajaban yang sebenarnya. Jebakan itu ada baik di reading, structure, writing dan tak terkecuali listening. Ada banyak tutorial TOEFL yang banyak disajikan baik buku tentang tes TOEFL, kursus, bimbingan belajar, ataupun contoh-contoh soal tes ini beredar di dunia maya. 

Hal yang terpenting untuk mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL adalah dengan tetap berlatih dan belajar giat, serta fokus pada saat mengikuti tes. Bila sudah kehilangan fokus pada saat  listening maka akan sulit mengerjakan soal-soal listeing karena waktu terbatas. Anda akan tertinggal mengerjakan soal-soal selanjutnya.  Itulah Tips Cara Belajar TOEFL listening.

0 comments:

Post a Comment