Belajar Struktur Bahasa Inggris
mas template
Home » » Tips Cara Mendapatkan Skor TOEFL yang Tinggi Soal Listening

Tips Cara Mendapatkan Skor TOEFL yang Tinggi Soal Listening

TipsCara Mendapatkan Skor TOEFL yang Tinggi Soal Listening-Tes TOEFL terdiri dari beberapa kelompok soal, yang salah satunya adalah listening comprehension. Listening diujikan pada bagian awal tes TOEFL peserta akan mendengarkan beberpa dialog singkat, dialog panjang, dan pidato panjang yang diikuti dengan pertanyaan. Tujuan dari Listening test untuk mengetahui kemampuan anda memahami apa yang disampaikan pembicara. Bagi kebanyakan orang yang mengkuti tes TOEFL, mengerjakan soal-soal listening adalah bagian tersulit dari tes ini, hal ini karena tidak terbiasa mendengarkan pembicaraan dalam bahasa inggris. 

Tips Cara Mendapatkan Skor TOEFL yang Tinggi Soal Listening
Namun, bagi anda yang mau mempersiapkan diri mengikuti tes TOEFL, jangan pesimis dahulu. Soal-soal toefl umumnya memiliki bentuk dan pola yang sama meskipun diadakan oleh lembaga yang berbeda. Sehingga bila anda mau mempelajari bentuk-bentuk soal dan cara menjawab jauh hari sebelum tes diadakan, mendapat dapat menjawab soal listening dengan mudah dan benar tidak mustahil bisa anda lakukan. Anda perlu mempelajari tips-tips tes toefl.
Tips Cara Mendapatkan Skor TOEFL yang Tinggi Soal Listening
Selain mempersiapkan soal-soal latihan tes TOEFL, anda juga perlu mempelajari Tips Cara Mendapatkan nilai TOEFL yang Tinggi Soal Listening, ini akan memandu anda dalam menghadapi soal-soal listening tes TOEFL.  Buat anda yang sedang mencari Tips Cara Mendapatkan Skor TOEFL yang tinggi khusus untuk soal listnieng, disini kami akan membagikan Cuma-Cuma untuk anda. Tips Cara Mendapatkan Skor TOEFL yang Tinggi Soal Listening akan dibagi menjadi beberapa bagian yang pertama yaitu tips umum dan tips khusus mengerjakan sesuai dengan bagian-bagian pada tes TOEFL listening.

Tips Umum : Pahami Perintah Soal (Direction) Sebelum Hari H
Tips Umum Cara Mendapatkan Skor TOEFL yang Tinggi Soal Listening.  Karena bentuk soal-soal TOEFL sama, saat berlatih mengerjakan soal TOEFL sebelum H hari cobalah untuk memahami bentuk-bentuk perintah (Direction) pada masing-masing bagian (part). Sehingga sehingga anda akan lebih siap saat ujian berlangsung, saat pembicara membacakan direction harus berusaha untuk rileks dan tetap fokus.

Tips Khusus Part A : (Short Conversation)
DI part A anda akan mendengarkan beberapa dialog singkat biasanya antara 2 orang,  Tips Cara Mendapatkan Skor TOEFL yang Tinggi Soal Listening pada bagian ini yang bisa anda lakukan yaitu :
Fokus mendengar pada pembicara kedua : Biasanya pada pembicara kedua adalah kunci nya yaitu apa yang diinginkan dari soal. Bila tidak memahami kata demi kata secara komplit, anda hanya perlu menangkap ide dan isi percakapan. Jika masih tidak paham apa yang diucapkan pembicara kedua, pilihlah jawaban yang paling berbeda dari yang anda dengar. Sebelum mengikuti tes anda perlu mempelajari bentuk-bentuk functional expression(agreement, suggestion, suprice,dll), idiomatic expression dan situasi ketika pembicaraan dilakukan karena ini soal yang sering diujikan. 

Tips Khusus Part B (Longer Conversation) :
Part B akan lebih sulit dari Part A karena percakapannya lebih panjang. Tips Cara Mendapatkan Skor TOEFL yang Tinggi Soal Listening pada bagian ini anda harus memanfaatkan waktu secara optimal. Saat narator membicarakan direction part B (karena anda sudah memahaminya) anda dapat memanfaatkan waktu ini dengan membaca pilihan jawaban secara sekilas kemudian mengingatnya dan memperkirakan tema apa yang akan diperbincangkan, bacalah sebanyak mungkin yang anda bisa. Saat menyimak conversation, anda harus mengetahui tema/topic yang dibicarakan. Waspadalah pada masing-masing pertanyaan. Cermati kondisi dan situasi yang terjadi selama percakapan berlangsung yakni menyangkut dengan tempat dan waktu pembicaraaan, apa dan siapa yang dibicarakan.

Tips Khusus Part B (Longer Conversation) : PART C : TALK
Pada tahap ini anda akan mendengarkan sebuah pidato atau penyampaian materi kuliah satu topik tertentu. Sama seperti tahap sebelumnya Saat narator membicarakan direction anda dapat memanfaatkan waktu ini dengan membaca pilihan-pilihan jawaban yang tertera pada lembar soal dan temukan kata kuncinya, jadi anda akan mengetahu gambaran apa yang dibicarakan.  Anda perlu waspada pembicaraan pada kalimat-kalimat pertama karena biasanya menjadi topic bagi kalimat-kalimat selanjutnya. Fokuslah mendengarkan pada hal-hal yang berkaitan dengan pertanyaan 5-WH (What, Why, Who, When, Where) dan How. Terakhir Saat pembicaraan dilakuakan anda perlu membuat kesimpulan tentang topik yang sedang dibicarakan. 

Demikianlah beberapa Tips Cara Mendapatkan Skor TOEFL yang Tinggi Soal Listening, yang bisa tips-tips ini benar bisa bekerja optimal saat hari H diadakan tes. Anda harus menerapkannya saat anda latihan dari jauh-jauh hari sebelum tes dilakukan karena jika hanya mengandalkan saat tes diadakan saja, sehingga anda bisa terbiasa dan saat tes diadakan bisa diterapkan secara otomatis tanpa harus berfikir lagi.  

0 comments:

Post a Comment