Belajar Struktur Bahasa Inggris
mas template
Home » » Cara Bisa Menjawab Soal Listening Test TOEFL dengan Benar

Cara Bisa Menjawab Soal Listening Test TOEFL dengan Benar

Cara Bisa Menjawab Soal Listening Test TOEFL dengan Benar
Tes TOEFL terdiri dari beberapa bagian yang salah satunya adalah listening section. Pada bagian tes ini ditujukan untuk mengetahui kemampuan peserta untuk memahami percakapan atau kuliah singkat.Tes ini dibuat sebagai simulasi belajar diluarnegeri yang menggunakan bahasa inggris.Soal yang diujikan tentu menyangkut pemahaman mengenai apa yang tengah dibicarakan.Sehingga pertanyaan tentu mengenai apa-apa yang sedang dibicarakan.  

Bagi sebagian besar orang yang pernah mengikuti tes TOEFL, soal listening termasuk yang paling susah dari tes TOEFL. Dimana perserta harus berusaha untuk memahami percakapan atau pembicaraan yang disampaikan native speaker (penutur asli) yang sangat cepat. Sangat berbeda jika dari penyampaian bahasa inggris oleh orang Indonesia.Meskipun begitu, tidak perlu pesimis dahulu, startegi untuk bisa mengerjakan soal listening toefl bisa dipelajari dan dipraktekkan. Berikut ini beberapa Tips Tes TOEFL Listening yang Bagus anda coba untuk bisa mendapatkan nilai tinggi pada soal listeing tes TOEFL.

Cara Bisa Menjawab Soal Listening Test TOEFL belajar sebelum hari H tes
1. Biasakan Diri Mendengar Dialog atau Penyampaian Materi Dalam Bahasa Inggris
Untuk bisa menyelesaikan soal listening dengan benar mau tidak mau harus membiasakan diri untuk terbiasa mendengarkan dialog dan penyampaian materi dalam bahasa inggris.Mendapatkan materi belajar listening ini tidaklah terlalu sulit, anda bisa mencarinya melalui internet, mendownload lagu, film atau penyampaian materi kuliah oleh native speaker.Jika anda mau mencoba, untuk mendapatkan materi listening ini tidaklah sulit, anda bisa mendapatkan materi melalui internet, dialog atau penyampaikan materi kuliah sangat benyak bertebaran di internet.

Hal yang pertama dilakukan setelah mendapatkan materi belajar, anda hanya perlu mendengarkan saja sampai terbiasa.

2. Fokus Mamahami Penyampaian Gagasan
Setelah merasa sudah cukup terbiasa, langakah selanjutnya cobalah untuk fokus memahami gagasan-gagasan yang disampaikan dalam dialog atau atau dalam materi kuliah. Dalam proses belajar akan lebih efekti bila juga menggunakan catatan-catatan kecil sebagai pengingat.catatan ini bisa anda gunakan untuk mencatat kata-kata yang baru didengar, cara ini bisa memperkaya kosa kata anda. Pemahaman kosa kata yang banyak akan sangat membantu dalam mengahadapi soal listening. Selain itu juga penting untuk mengetahui pola penyampaian gagasan, agar bisa lebih mudah menemukan gagasan utama.

3. Perhatikan Transisi Pembicaraan
Dengan memperhatikan transisi pembicaraan, kita akan bisa mengetahui pembicaraan tersebut merupakan pengantar, isi, atau kesimpulan. Sehingga kita bisa nemusatkan perhatian pada bagian-bagian tertentu, yang mungkin menjadi jawaban dari pertanyaan soal.ini akan membantu dalam memahami secara sistematis

4. Biasakan Mendengarkan Aksen Speaker
Cara selanjutnya yang perlu dilakukan, adalah membisakan diri dengan berbagai aksen dari speaker. Jika sudah terbiasa, jadi tidak akan merasa sulit jika pada saat tes speaker menggunakan aksen yang berbeda-beda.

5. Berlatih Merangkum Seluruh Pembicaan
Anda juga perlu memiliki kemampuan untuk merangkum seluruh pembicaraan. Latihan juga bisa ditambahkand engan menjawab pertanyaan sesuai dengan materi yang didengarkan


Cara Bisa Menjawab Soal Listening Test TOEFL saat tes berlangsung

Bebarapa cara diatas adalah latihan yang perlu anda lakukan untuk menghadapi listening section, selanjutnya dibawah ini adalah hal-hal yang harus anda lakukan selama tes berlangsung
1. Fokus dan Tenang
Hal petama yang harus anda lakukan saat mengerjakan soal, adalah berusaha untuk tenang dan fokus, karena jika tidak akan membuyarkan konsentrasi sehingga anda akan sulit memahami apa yang dibicarakan dalam soal

2. Perhatikan baik-baik petunjuk pengerjaaan soal agar tidak terjadi kesalahan teknisi saat mengerjakan

3. Perlu Diketahui Mengenai Penggunaan Waktu
Perlu diketahui bahwa waktu akan mulai pada saat peserta mulai menjawab pertanyaan bukan pada saat speaker berbicara, sehingga tidak perlu khawatir. Khawati malah akan membuyarkan konsentrasi anda saat mendengarkan speaker.

4. Perlu di tulislah poin penting pembicaraan karena akan membantu anda mengingat dan menjawab pertanyaan

5. Perhatikan isi dan alur pembicaraan, agar lebih mudah memahaminya

6. Hati-hati dan teliti dalam menjawab pertanyaan, jika merasa sulit menemukan jawaban anda bisa menduga-duga apa jawaban yang kira-kira tepat. Tidak perlu takut salah jawaban karena tidak ada pengurangan nilai dalam tes TOEFL. Dan anda harus yakin dengan jawaban anda.


Demikianlah beberapa cara untuk Menjawab Soal Listening Test TOEFL dengan Benar, semoga dapat membantu sobat pembaca untuk menghadapi tes TOEFL.

0 comments:

Post a Comment